Benarkan Korek Hidung dan Kuping Batalkan Puasa? Yuk Disimak

JAKARTA- Tidak terasa bulan ramadhan sudah memasuki malam keenam. Bagaimana puasa para pembaca? Semoga lancar dan penuh berkah dengan diisi ibadah dengan berbagai variannya.

Redaksi seputarnu.com kali ini memberikan penjelasan terkait hukum korek hidung dan kuping saat menjalankan puasa ramadhan. Iya, terkadang saat puasa tanpa menyadari kebiasaan korek hidung dan kuping tetap dilakukan, apakah membatalkan puasa? Berikut penjelasannya.

Ternyata memasukan sesuatu kedalam lubang hidung bisa membatalkan puasa jika kita memasukan sesuatu sampai pada batas bagian dalam hidung. Seberapa batasnya? Adalah bagian yang jika kita memasukkan air akan terasa panas (tersengak) maka disitulah batas dalam yang jika kita memasukkan sesuatu ketempat tersebut akan membatalkan puasa yaitu hidung bagian atas yang mendekati mata kita. Adapun hidung di bagian bawah yang lubangnya biasa di jangkau jemari saat membuang kotoran hidung, jika kita memasukkan sesuatu ke bagian tersebut hal itu tidak membatalkan puasa asal tidak sampai kebagian atas seperti yang telah kami jelaskan.

Sementara untuk korek kuping, bisa membatalkan puasa jika memasukan sesuatu kedalam telinga terlalu dalam. Apa ukurannya? Bagian dalam telinga yang tidak bisa dijangkau oleh jari kelingking kita saat kita membersihkan telinga. Jadi memasukkan sesuatu ke bagian yang masih bisa dijangkau oleh jari kelingking kita hal itu tidak membatalkan puasa baik yang kita masukkan itu adalah jari tangan kita atau yang lainya. Akan tetapi kalau kita memasukkan sesuatu melebihi dari bagian yang di jangkau jemari kita seperti korek kuping atau air maka hal itu membatalkan puasa.

Ini adalah pendapat kebanyakan para ulama. Dan ada pendapat yang berbeda yaitu pendapat yang diambil oleh Imam Malik dan Imam Ghozali dari madzhab Syafi’i bahwa :

“Memasukan sesuatu kedalam telinga tidak membatalkan” akan tetapi lebih baik dan lebih aman jika tetap mengikuti pendapat kebanyakan para ulama yaitu pendapat yang mengatakan memasukkan sesuatu ke lubang telinga adalah membatalkan puasa.

Nah sudah tahu sekarang ya? Semoga pembaca lebih hati-hati dan puasa kita diterima Allah SWT. Amin

Related Articles