Luar biasa ini Fadilah Surat Al Kahfi

SeputarNU- Salah satu amalan sunnah di hari Jumat adalah dianjurkan membaca surat al kahfi atau ashabul kahfi. Apa saja fadilah membaca surat al kahfi? Banyak fadilah yang tersimpan dalam surat al kahfi yang didalamnya menceritakan keteguhan iman 9 pemuda dari raja dzalim.

Berikut beberapa fadilah surat al Kahfi:

1. Terhindar Fitnah Dajjal

Sosok kejam yang akan keluar pada akhir zaman ini nantinya akan membuat kerusakan di bumi dan menebarkan fitnah kepada setiap umat Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut.

“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).

“Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

2. Meraih Ampunan Allah SWT.

Membaca Al Kahfi pada hari Jumat adalah mendapat pengampunan dosa diantara dua Jumat.
Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

3. Pancaran Cahaya.

Membaca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat juga akan mendapat pancaran cahaya diri.

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (HR Al-Hakim)

4. Rumah Tidak dimasuki Setan

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal disebutkan bahwa Rumah yang dibacakan surah al-Khafi dan al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya, dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.

Imam Al-Syafi’i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat Al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum’at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya (Al-Umm, Imam al-Syafi’i: 1/237).

Mari mengamalkan dengan membaca al Kahfi khususnya di hari Jumat. Bagaimana dihari lain? jika istiqomah tetap memancarkan fadilah yang terkandung didalamnya.

Related Articles